Langsung ke konten utama

Mengenal Manfaat Buah Gayam Serta Mitosnya

MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
Pohon gayam


Buah gayam (Inocarpus fagiferus) harus dimasak dulu kalau ingin memakannya. Berbeda dengan buah lainnya yang bisa pribadi dimakan segar begitu dipetik dari pohon, buah gayam musti dimasak dulu baik direbus, dibakar, atau diolah lainnya kalau ingin menikmatinya.

Gayam merupakan tumbuhan berjulukan latin Inocarpus fagiferus yang bersinonim dengan Inocarpus fagifer dan Inocarpus edulis. Tanaman yang dikenal juga sebagai angkaeng dan bosua (Sulawesi) ini dalam bahasa Inggris disebut Otaheite chestnut, Polynesian chestnut, atau Tahiti chestnut.


MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
Pohon gayam

Oleh masyarakat jawa, gayam memiliki makna filosofi ‘gayuh’ yang berarti impian dan ‘ayem’ yang memiliki arti damai, tenang, dan bahagia. Tanaman ini juga ditetapkan sebagai tumbuhan identitas kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dan tumbuhan identitas kota Cirebon, Jawa Barat.

Diskripsi Gayam. Tinggi pohon gayam bisa mencapai 20-an meter dengan diameter batang menccapai 65 cm. Batang pohon gayam (Inocarpus fagiferus) sering kali beralur tidak teratur, adakala berakar banir, dengan percabangan merunduk. Pada kulit batang kepingan dalam mengandung cairan berwarna merah. Penampilannya terkadang menimbulkan kesan menakutkan dan mistis.

Daun gayam berseling, tunggal, dan kaku mirip kulit. Bentuknya lonjong, dan berwarna pink dikala muda. Bunga angkaeng beragam bulir dengan panjang sekitar 15 cm. Gayam (Inocarpus edulis) memiliki bunga kecil dan berbau wangi.
MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
Buah Gayam

Buah gayam (Inocarpus fagifer) berjenis polong berbentuk ginjal dan tidak pecah dengan kulit buah yang keras. Buah gayam memiliki 1 biji berbentuk gepeng. Kulit biji keras dengan endosperm putih. Ketika mentah buah berwarna hijau dan menjadi kuning atau kecoklatan dikala masak.

Pohon gayam diperkirakan merupakan tumbuhan aslidan berasal dari daerah Indonesia yang lalu tersebar secara luas ke banyak sekali daerah tropis di tempat Asia Pasifik. Tanaman ini tumbuh di daerah dataran rendah tropis yang lembab sampai ketinggian 500 meter dpl. Tumbuhan ini bisa tumbuh di tanah-tanah yang miskin hara sekalipun. Sehingga pohon gayam sering kali ditemukan tumbuh di rawa-rawa, tepi sungai, maupun di tepi pantai yang berpasir di antara hutan bakau.

Pemanfaatan Gayam. Buah gayam yang telah renta dan masak tidak sanggup dimakan langsung. Buah dari Inocarpus fagiferus ini sebelum dimakan harus direndam air lalu direbus atau dibakar. Buah gayam yang telah dimasak ini dikonsumsi sebagai makanan ringan. Buah gayam sanggup juga dijadikan produk olahan semisal emping (keripik gayam).

Kayu pohon gayam sanggup dimanfaatkan sebagai materi furniture. Sedangkan dengan kerindangan daun dan dahannya pohon ini bisa dimanfaatkan sebagai pohon peneduh.

Akan tetapi tumbuhan yang satu ini jarang dibudidayakan. Umumnya mereka tumbuh liar di daerah rawa-rawa atau tepi sungai. Mungkin keengganan membudidayakan tumbuhan ini karena bentuk batangnya yang beralur-alur sehingga terkesan angker. Tidak jarang yang beranggapan pohon ini sebagai tempat tinggal makhluk halus.

Ingin mencicipi buah gayam yang harus dimasak dulu sebelum dimakan?. Saya sendiri yang tinggal di daerah pedesaan sudah lupa kapan terakhir kali mencicipi gayam rebus ataupun gayam bakar.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Subkerajaan: Tracheobionta; Super Divisi: Spermatophyta; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Sub Kelas: Rosidae; Ordo: Fabales; Famili: Fabaceae; Genus: Inocarpus; Spesies: Inocarpus fagiferus (Parkinson) Fosberg. Sinonim: Inocarpus fagifer (Parkinson) Fosb., Inocarpus edulis J.R. & G. Forster, Aniotum fagiferum Parkinson, Bocoa edulis (J. R. Forst. & G. Forst.) Baill., Cajanus edulis (J. R. Forst. & G. Forst.) Kuntze.


BUAH GAYAM KADANG DISEBUT JUGA BUAH GENDURUWO
Buah Genderuwo , begitulah julukan untuk buah yang lebih dikenal dengan nama buah Gayam . Julukan itu alasannya yaitu pohon gayam yang berjulukan latin Inocarpus fagifer itu cukup besar dan tinggi dan tumbuh di akrab genangan air yang diyakini sebagai tempat tinggal genderuwo.



MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
Buah Gayam

Buah Gayam berukuran sekepalan tangan dewasa. Buahnya bergantungan di pohon sehingga untuk mendapatkannya harus dengan memanjat pohon atau menggalahnya.


MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
pohon Gayam

Setelah buah terkumpul , gayam bisa pribadi dikupas. Tetapi untuk mengupasnya harus memakai senjata tajam berjulukan Bendo dan dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman alasannya yaitu kulitnya sangat keras sekali.



MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
Buah Gayam

Setelah gayam terkupas bisa pribadi direbus beberapa usang dan bisa pribadi dimakan. Rasanya nikmat dan gurih. Ada juga yang mengumpulkan gayam lebih banyak untuk diolah jadi keripik gayam juga tak kalah nikmat dan gurihnya.


MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA MENGENAL MANFAAT BUAH GAYAM SERTA MITOSNYA
Add caption

Sayang, gayam ini berbuah musiman 2-3 kali dalam setahun. Karena itu cukup susah juga untuk mendapatkannya di luar demam isu buah. Yang menarik, cara menjual buah gayam ini dalam bentuk satuan isi 25 buah gayam dan dihentikan secara bijian.

Komentar

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  2. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7868615-jenis-batu-kapur-untuk-ayam-bangkok-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasca Panen Flora Kedelai

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar belakang Kedelai merupakan materi tumbuhan kacang-kacangan yang penting sebagai sumber protein nabati. Kedelai sebagai sumber materi protein nabati sanggup diolah menjadi aneka macam bentuk produk olahan menyerupai tempe, tahu, kecap dan tauco yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain itu juga kedelai sanggup diolah menjadi minyak kedelai, tepung kedelai, susu kedelai dan sebagainya. Dengan perkembagannya peternakan kedelai juga sanggup dimanfaatkan sebagai makanan ternak dalam bentuk tepung kedelai, bungkil kedelai dan ampas tahu. Penangan pasca panen pada tumbuhan sangatlah penting dilakukan dengan sebaik-baiknya biar kualitas produk tetap terjaga. Pada proses pemasaran, nilai suatu produk di tentukan oleh cara kita menangani produk tersebut sesudah panen dengan aneka macam macam teknik dan cara yang tepat, tergantung dari jenis produk yang kita kelola. Pasca panen sendiri bertujuan untuk meningkatkan nilai suatu produk dengan nil

Cara Menanam Tanaman Buah Ceri Yang Baik

Buah Ceri (cherry) merupakan jenis buah yang banyak dipakai sebagai penghias kue, asal tumbuhan buah cherry ini yaitu australia dan ketika ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Buah ini juga mempunyai banyak varian, ada yang mempunyai rasa manis (prunus Avium), rasa asam (prunus cerasus), dan bahkan ada yang pahit (prunus emarginata). Tanaman buah ini menyukai iklim yang dingin, sehingga paling cocok dibudidayakan di tempat pegunungan menyerupai jawa barat dan tempat lain yang beriklim dingin, namun kini sudah banyak jenis cherry yang sanggup dibudidayakan di tempat beriklim panas menyerupai Cherry Beach. Dikutip dari wikipedia, bahwa buah ceri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan jikalau dikonsumsi.  Beberapa manfaat buah cherry bagi kesehatan diantaranya Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan lantaran merupakan antioksidan. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari sanggup menurunkan jumlah kadar asam urat dala